DEFINISI NEW MEDIA (Media Baru)
Media Baru adalah istilah yang
dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media
yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet
secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network,
online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett M. Rogers (dalam
Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat
era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era
telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media
yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media
baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya
(baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk
berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan
komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan
penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses
komunikasi yang semakin meningkat.
PANDANGAN
NEW MEDIA
Pandangan new media dari masyarakat sekitar, karena
masyarakat selalu berhubungan dengan adanya new media misalnya internet yang
mencakup jejaring sosial, televisi analog,iPhone maupun game. Berikut adalah
pandangan masyarakat:
- Luasnya jejaring
sosial yang bisa menghubungkan semua user di seluruh dunia bisa
berkomunikasi dengan mudah.
- Kesepian, hal
ini yang memicu masyarakat untuk bermain game di internet maupun online
jejaring sosial, tetapi dampak negatif dari faktor ini adalah terkadang
masyarakat bisa terasingkan dari dunia luar(nyata) karena terlalu fokus
pada new media di dunia maya
MANFAAT NEW MEDIA
- Bidang Sosial
Dalam bidang
ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring
sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype,
yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini
dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia
manapun.
- Bidang Industri/Dagang
Dalam bidang
ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk
tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung
didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya
melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
- Bidang Pendidikan
Dalam bidang
ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi
yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala
informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu
dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
- Bidang Lowongan Kerja
Dalam bidang
ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu
mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga,
tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu :
Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan
sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses
bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen New Media
karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita
berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan
manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer
juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak
dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer
dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam
pemakaiannya.
APLIKASI NEW MEDIA
1.
Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam
bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space,
skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di
jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll.
Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
2.
Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online
shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat
online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa
menarik perhatian konsumen secara cepat.
3.
Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya
new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi
analog ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi
didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
- CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
- Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
- Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
- BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb.
Sumber :
o
http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/17-tmb-umb/2078-lalongkoe-ramses
o http://whileshare.blogspot.com/2011/10/new-media.html
o http://nanda-bima.blogspot.com/2011/10/peng-teknologi-internet-dan-new-media.html
o
http://sekarageng.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
1 komentar:
kok blog too mbakkkk sumbernya
Posting Komentar