Bisnis adalah kegiatan yang
dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan
nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and
service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui
transaksi.
Ada beberapa definisi bisnis dari
beberapa tokoh sebagai berikut :
·
Menurut
Hughes dan Kapoor : “Business is the organized effort of
individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that
satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts
within a society or within an industry”, yang berarti bisnis adalah suatu
kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual
barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat
dan ada dalam industri.
·
Menurut
Musselman dan Jackson : Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi
kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan
untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
·
Menurut
Griffin dan Ebert : “Business is an organization that provides
goods or services in order toearn provit”, yang berarti bisnis merupakan suatu
organisasi yang menyediakan barang dan jasa dan bertujuan untuk menghasilkan
profit (laba). (1996)
·
Menurut
Allan Afuah : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan
untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai
sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004).
Aspek – aspek bisnis :
1. Kegiatan
individu dan kelompok
2. Penciptaan
nilai
3. Penciptaan
barang dan jasa
4. Keuntungan
melalui transaksi
5.
Tujuan Bisnis yaitu kita harus
berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen
yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah
mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan
dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.
Fungsi bisnis dilihat dari
kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi. Berikut adalah penjabarannya :
1.
Fungsi
Mikro Bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang berperan langsung
·
Pekerja / Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya
sementara manager menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya
omzet penjualan dan laba.
·
Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan
kegiatan akan berjalan mencapai tujuan
·
Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab
tertentu terhadap perusahaan.
2.
Fungsi
Makro Bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
·
Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai
bentuk tanggung jawab perusahaan
·
Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam
bentuk kewajiban membayar pajak
Elemen-elemen dalam sistem bisnis
Elemen-Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu :
1.
Modal
(Capital)
Sejumlah uang
yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.
Bahan-bahan
(Materials)
Faktor
produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan
menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3.
Sumber Daya
Manusia (SDM)
Kualifikasi
SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.
Keterampilan
Manajemen (Management Skill)
Sistem
manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen
Karakterisktik Sistem Bisnis
·
Kompleksitas dan Keanekaragaman
·
Saling Ketergantungan
·
Perubahan dan inovasi
Bentuk dasar kepemilikan bisnis :
ü Perusahaan
perseorangan
ü Persekutuan
ü Perseroan
ü Koperasi
Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan
bisnis online di Indonesia sangat besar. Contohnya dengan adanya pembuatan
website, forum, dan blog inilah sebagai media yang bersifat sebagai jembatan
antara penjual dan pembeli untuk saling memberi informasi sekaligus
bertransaksi semakin hari semakin banyak saja, hal ini menunjukkan perkembangan
situs-situs yang memiliki wadah untuk bisnis online semakin berkembang tiap
waktu. Ditambah dengan berkembangnya dalam persaingan internet service provider
yang memberikan fasilitas koneksi internet kepada penjual dan pembeli dalam
bisnis online, supaya dapat terhubung secara online setiap saat dan dimanapun
berada, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang
menawarkan produk dan jasa yang ingin mereka dapatkan. Apalagi pengguna
perangkat mobile di
Indonesia juga semakin berkembang, hampir tiap tipe handphone yang dimiliki
oleh masyarakat pada masa kini memiliki fasilitas atau fitur untuk dapat
koneksi ke internet, hal ini semakin memudahkan masyarakat supaya mendapatkan
informasi-informasi terkini dalam bidang bisnis online.
Perkembangan teknologi informasi
didalam dunia bisnis memiliki dampak positif dan negatif diantaranya:
Dampak positif
a. Munculnya
model bisnis baru yang biasa disebut dengan e-business dan e-commerce.
b. Banyaknya
minat dari berbagai perusahaan untuk memperluas cakupan bisnisnya di dunia
maya. Memunculkan lapangan kerja baru, yaitu jasa pembuatan wesite dan layanan
hosting.
c. Adanya
kemudahan dalam memulai sebuah bisnis (wira usaha) dengan munculnya forum-forum
jual beli dan media pertemanan. Karena promosi menjadi lebih murah. Dan
jaringan marketing lebih luas bahkan sampai luar negeri.
Dampak negatif
a. Dengan
berlakunya sistem uang online ( ATM, Kartu Kredit, dll) memunculkan modus baru
dalam pembobolan rekening nasabah Bank.
b. Berhubung
teknologi internet harus selalu didukung dengan listrik, jika sewaktu-waktu
listrik padam, memungkinkan terjadinya miss-transaksi yang berpotensi merugikan
nasabah dan Bank sendiri.
c. Dari segi
keamanan, data bank yang telah berkomputerisasi sangat rentan sekali terhadap
tindakan peretasan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Perkembangan teknologi informasi
sudah banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan berskala nasional maupun
swasta. Penerapan ini menyebabkan perubahan dalam kebiasaan atau habit yang
baru dalam bidang bisnis. seperti pengaruh teknologi dalam dunia bisnis yang
memanfaatkan E-Commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media
internet yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan.
Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung
perkembangan teknologi internet. Melalui internet pelaku bisnis tidak lagi
mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang
aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam
informasi.
Electronic Commerce (E-Commerce)
adalah proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, jasa dan informasi
melalui jaringan komputer. E-Commerce merupakan bagian dari E-Business, dimana
cakupan E-Business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup
juga pengkolaborasianmitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan
lainnya.
E-Commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan perdagangan. Proses yang ada dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
§ Presentasi
elektronis (pembuatan website) untuk produk dan layanan
§ Pemesanan
secara langsung dan tersedianya tagihan
§ Otomatisasi
akun pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit)
§ Pembayaran
yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Referensi :
3. https://diastrianida.wordpress.com/2014/10/11/pengaruh-teknologi-informasi-terhadap-dunia-bisnis/
0 komentar:
Posting Komentar